Yayasan Cipta

Yayasan Cipta menyelenggarakan Media Workshop dalam rangkaian kegiatan Pre-launching Komitmen FP 2030 atas kerja sama dengan BKKBN dan UNFPA yang bertempat di Wyndham Hotel, Jakarta pada Rabu, 27 Juli 2022. Bergabung sebagai moderator dan pemantik diskusi, Ibu Rita Widiadana, seorang jurnalis senior penerima penghargaan the Global Media Awards for Excellence in Journalism dari Population Institute, Washington, AS.

Sesi panel diawali dengan materi pertama oleh perwakilan UNFPA, Ibu Anggraini Sariastuti, tentang Peran Komitmen Global FP 2030. Dilanjutkan dengan materi kedua oleh Deputi Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN, Ibu dr. Eni Gustina, MPH tentang situasi KB dan Kespro di Indonesia saat ini. Menjelang sesi diskusi dan tanya jawab, Ibu Rita Widiadana mengawalinya dengan materi pemantik mengenai Kode Etik dan Jurnalisme Empati dalam Peliputan Isu KB & Kespro yang berhasil membuat para peserta dari 12 perwakilan media tergugah untuk berdiskusi lebih lanjut tentang bagaimana menulis dan menyuarakan isu yang dianggap kurang populer seperti KB dan Kespro.

Kegiatan ditutup dengan rencana tindak lanjut untuk pelibatan media dalam launching komitmen FP2030 pada hari Senin, 1 Agustus 2022 mendatang dan foto bersama.